JNE “Ngegas Terus Menerapkan Digitalisasi Produk” Mewujudkan Pelayanan Prima di Era Milenial
JNE Perintis Perusahaan Ekspedisi Indonesia
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa
dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar
di Indonesia, berkat jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup
lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar, dengan
gerai penjualan berjumlah lebih dari 8.000 titik dan mengerjakan lebih 50.000
karyawan di Indonesia.
Visi JNE adalah menjadi perusahaan
logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Sedangkan Misi
JNE adalah untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara
konsisten nilai perusahaan Jujur yaitu untuk memberi pengalaman
terbaik kepada pelanggan secara konsisten. Disiplin yaitu jaga marwah organisasi
dengan bersikap tepat-waktu, berkomitmen, dan saling mengingatkan. Tanggung Jawab yaitu pekerjaan yang dikerjakan telah direncanakan dan
menjadi kewajiban. Tanpa kecuali. Setuntas-tuntasnya, sebaik-baiknya. Visioner yaitu lebihi harapan pelanggan. Selangkah di depan dalam pelayanan, kecepatan
dan kepastian.
JNE berdiri
pada tanggal 26 November tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE
memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan
kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri
ke Indonesia. Setelah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir resmi didirikan
pada tahun 1990, geliat JNE mulai terlihat peningkatan usahanya pada tahun 1995,
yakni memperkenalkan sistem drop point atau agen pengiriman yang disebut
“Takuhaibin”. JNE banyak memanfaatkan keberadaan warung telekomunikasi (Wartel)
yang menjamur pada waktu itu untuk membuka Takuhaibin, dan ini yang menjadi
cikal bakal Agen JNE yang jumlahnya mencapai lebih dari 8.000 titik di seluruh
Indonesia pada 2022.
Pada tahun 2000 JNE merilis logo baru dengan brand “JNE EXPRESS”. Reputasi JNE EXPRESS mulai mencuat sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia di paruh kedua tahun 2000-an, seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet untuk transaksi perdagangan dan jual beli secara daring. Sebaran Agen JNE yang mudah ditemukan di kota-kota besar dan jam operasional dengan layanan 24 jam membuat JNE populer di kalangan pelaku bisnis online. Kemudian pada tahun 2022 JNE telah merilis Roket Indonesia, yaitu layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Layanan ini sudah tersedia di 54 kota atau cabang JNE.
Pelayanan Prima JNE
Dalam
dunia bisnis, pelanggan (costomer) merupakan ruh bagi suatu perusahaan dalam
menawarkan suatu produknya. Demi mencapai kepuasan pelanggan dibutuhkan
pelayanan prima era globalisasi yang mana kemajuan tehnologi informasi begitu
cepat berpengaruh pada perilaku pelanggan (costumer). Seperti yang dilakukan JNE
sebagai pemain bidang ekspedisi logistik menggunakan tehnologi informasi pada
pelayanan yang cepat, akurat, dan tepat sasaran.
Pelayana
prima diartikan layanan dan dukungan kepada customer dapat bermakna sebagai
suatu bentuk layanan yang memberikan kepuasan bagi pelanggannya, selalu dekat
dengan pelanggannya, sehingga kesan menyenangkan senantiasa diingat oleh para
pelanggannya. Selain itu, membangun kesan kesan dapat memberikan citra positif
di mata pelanggan karena jasa pelayanan yang diberikan dengan biaya yang
terkendali/terjangkau bagi pelanggan yang membuat pelanggan
terdorong/termotivasi untuk bekerja sama atau peran aktif dalam pelaksanaan
pelayanan yang prima. Tujuan dari pelayanan prima adalah memuaskan dan atau
sesuai dengan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, mutu pelayanan adalah
kesesuaian antara harapan dan atau keinginan dengan kenyataan.
JNE
telah berkiprah dibidang usaha ekspedisi berjalan cukup panjang mencapai 33
tahun ini tidak lain karena pelayanan prima menjadi motor dan interakasi dengan
pelanggan sangat baik. Untuk itu, dalam memenuhi pelanggan JNE telah melayani beragam
produk dan masing-masing memiliki keunggulan sesuai dengan perkembangan jaman, sejak
JNE berdiri hingga bertransformasi era digitalisasi berikut ini.
26 Nov
1990 : JNE Berdiri, Penanganan Ekspedisi Barang/Dokumen
Tahun
1995 : JNE mengenalkan sistem drop poin
Tahun 2000 : JNE merilis Logo Baru “JNE EXPRESS”
Tahun 2022 : JNE Merilis Roket Indonesia berbasis aplikasi/internet.
Terobosan Produk JNE di Era Digitalisasi
Produk MyJNE menerapkan aplikasi
berbasis android dan iOS yang terhubung dengan nomor
telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.
Dengan demikian para pelanggan termanjakan oleh pelayanan pengiriman barang
yang mudah, cepat, dan akurat, serta turut membantu pengembangan bisnis bagi
para pelanggannya. Adapun produk lain yang tidak kalah keren seperti: JNE
Express yakni menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen dalam negeri
melalui lebih dari 8.000 titik layanan eksklusif di seluruh Indonesia, dari
penjemputan hingga pengantaran tujuan. JNE Logistics menawarkan solusi transportasi
dan gudang terintegrasi dengan kemampuan layanan yang menyeluruh. JNE
Freight melayani kiriman door to door untuk memenuhi kebutuhan kiriman
ekspor internasional Anda, mencakup lebih 220 negara. PESONA
yaitu
toko online makanan khas dan oleh-oleh dari UKM seluruh Indonesia. JNE
Loyalty Card yaitu program keanggotaan
yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE dengan memberikan berbagai keuntungan
seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat
periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik.
Bagi
pelaku bisnis tidak mengikuti perkembangan era digitalisasi saat ini biasanya
akan mengalami kondisi kalah dengan kompetitor lain yang sudah menyesuaikan
bisnisnya di era digital. Contoh di tahun 2024 sebuah perusahaan produksi
Sepatu yang sudah lama terkenal dan melegenda di Indonesia sebagian ditutup
gerainya dan merumahkan sebagian karyawannya karena produksinya terus menurun
cukup siginikan karena mengabaikan azas efisiensi dan efektif sebuah
perasahaan, seperti pemasaran produk kurang memperhatikan era digitalisasi yang menglobal di dunia bisnis.
Oleh karena itu, JNE
jauh hari telah menerapkan atau memanfaatkan era digitalisasi sebagai upaya
mendukung industri kreatif dan industri riil seperti retail dan makanan
dilakukan dengan efisien dan praktis. Generasi digital adalah era dimana
tehonologi akan mendapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adanya pengaruh
industri digital pada akhirnya memberikan dampak pada semua bidang industri. Derasnya
penggunaan tehnologi digital disemua lini, juga tidak bisa dipungkiri akan
membantu berbagai jenis usaha atau aktivitas baru yang dapat meningkatkan
perekonomian yang menglobal di dunia.
Saat ini anak
muda (generasi milenial) telah berani memulai bisnis digital. Generasi milenial atau generasi Y adalah generasi yang
lahir sekitar tahun 1980 hingga tahun 1995 pada saat tehnologi maju. Mereka
tumbuh di dunia yang telah mahir menggunakan media sosial dan juga smartphone
sehingga otomatis mereka sangat mahir dalam tehnologi. Ke depan dalam hubungan
Internasional yang terus berubah, semakin modern penggunaan tehnologi informasi
dan suasana serba daring (dalam jaringan) media sosial dunia yang tidak
terbatas. Boleh dikatakan genarasi milenial ini sering dinilai generasi yang
malas karena sering bermain ponsel. Ciri-cirinya: cenderung invidual,
keingintahuan tinggi, percaya diri, generasi yang paling banyak membaca buku,
sangat ktitis dan tidak takut berdebat akibat hubungan komunikasi langsung yang
tersedia, mudah memperoleh pengetahuan. Namun, generasi milenial
ini sangat rentan terserang depresi dan gangguan kecemasan.
Era
milenial selanjutnya
ditandai oleh adanya tehnologi kecerdasan buatan
(artificial intellegence/AI). Di masa sekarang, yakni ketika banyak di
antara/potensi kemampuan manusia berada dalam tantangan tehnologi Artificial
Intellegence (AI), maka kajian tentang kemampuan dan daya-daya manusia menjadi makin penting. Seperti diungkapkan
Jack Ma, sebagian besar lapangan pekerjaan manusia akan direbut AI. Bukan saja
AI akan bisa menguasahi keahlian manusia di berbagai bidang itu, bahkan dalam
banyak hal AI akan menunjukkan kinerja lebih baik daripada manusia, karena
kebebasannya dari kelemahan-kelemahan manusiawi, termasuk dalam hal ganguan
emosi, bias-bias kognitif, kelambagaan berfikir, dan sebagainya. Selain itu ada
pula yang berpendapat, bahwa generasi milenial sangat “melekat” dengan komputer
dan internet. Sebagian besar waktunya
dilewatkan dengan memainkan jemarinya di atas “layar sentuh”. (Haidar Bagir, Memulihkan
Sekolah Memulihkan Manusia, 2019).
Era digitalisasi yang semakin berkembang yang
memacu JNE terus bergerak cepat, kecepatan tinggi bertransformasi ke arah yang
benar yakni menyambut era digitalisasi dengan optimisme dan komitmen yang kuat.
JNE semakin yakin bahwa dengan kemajuan tehnologi ini akan memperkuat
kinerjanya, kesamaan Visi dan Misi Perusahaan menjadi patronnya yang terus
dipelihara, dikembangkan dengan penuh tanggung jawab dan profesional. Jadi
sangatlah wajar pada tahun 2024, JNE telah memperoleh 12 penghargaan baik skala
Nasional maupun Internasional. Dengan pelayanan prima
JNE telah terbukti dan dipercaya penuh bagi pelanggannya. Adapun para pelanggan
yang menyatakan puas dan berkomitmen kerja sama usaha/bisnis diantaranya adalah:
· Wiwik Sri Wilujeng - Marketing Director Realfood. ”Kami memilih JNE karena merupakan perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia dengan jaringan luas yang menjangkau seluruh pelosok tanah air. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menjadikan produk Realfood dapat diakses oleh seluruh masyarakat.”
· Mutia Imro Atussoleha - Head of Logistics Bukalapak. Berkata: “JNE juga memiliki cakupan luas yang telah membantu Pelapak kami menjual barangnya ke seluruh penjuru Indonesia. Terima kasih JNE sudah mendampingi Pelapak kami berkembang bersama dengan performa logistik yang baik.”
· dr. Oky Pratama Dipl.AAMM - Founder Bening’s Indonesia Group.
Berkata: “Terima kasih JNE cakupan yang selalu memberikan fasilitas terbaik
sehingga pendistribusian paket Bening’s sampai keseluruh Indonesia dengan
kualitas yang sangat baik sekali. Bening’s Group akan selalu mendukung kemajuan
dari JNE.”
Dengan demikian, diharapkan kiprah “JNE” ke depan semakin jaya,
berintegritas sebagai distributor logistik terbesar, terbaik, TERKONEKSI di
seluruh pelosok Indonesia, akan membangun perekonomian masyarakat semakin baik,
bermatabat dan beradilan. Tentu saja dengan tujuan terwujudnya kesejahteraan dan
kebahagiaan pelanggannya.
#JNE#ConnectingHappiness.
#JNE33Tahun.
#JNEContentCompetition2024
#GasssTerusSemangatKreativitasnya.
Komentar
Posting Komentar