JNE “Ngegas Terus Menerapkan Digitalisasi Produk” Mewujudkan Pelayanan Prima di Era Milenial

JNE Perintis Perusahaan Ekspedisi Indonesia

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal sebagai JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, berkat jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar, dengan gerai penjualan berjumlah lebih dari 8.000 titik dan mengerjakan lebih 50.000 karyawan di Indonesia.

Visi JNE adalah menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Sedangkan Misi JNE adalah untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten nilai perusahaan Jujur yaitu untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten. Disiplin yaitu jaga marwah organisasi dengan bersikap tepat-waktu, berkomitmen, dan saling mengingatkan. Tanggung Jawab yaitu pekerjaan yang dikerjakan telah direncanakan dan menjadi kewajiban. Tanpa kecuali. Setuntas-tuntasnya, sebaik-baiknya. Visioner yaitu lebihi harapan pelanggan. Selangkah di depan dalam pelayanan, kecepatan dan kepastian.

JNE berdiri pada tanggal 26 November tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Setelah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir resmi didirikan pada tahun 1990, geliat JNE mulai terlihat peningkatan usahanya pada tahun 1995, yakni memperkenalkan sistem drop point atau agen pengiriman yang disebut “Takuhaibin”. JNE banyak memanfaatkan keberadaan warung telekomunikasi (Wartel) yang menjamur pada waktu itu untuk membuka Takuhaibin, dan ini yang menjadi cikal bakal Agen JNE yang jumlahnya mencapai lebih dari 8.000 titik di seluruh Indonesia pada 2022.

Pada tahun 2000 JNE merilis logo baru dengan brand “JNE EXPRESS”. Reputasi JNE EXPRESS mulai mencuat sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia di paruh kedua tahun 2000-an, seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet untuk transaksi perdagangan dan jual beli secara daring. Sebaran Agen JNE yang mudah ditemukan di kota-kota besar dan jam operasional dengan layanan 24 jam membuat JNE populer di kalangan pelaku bisnis online. Kemudian pada tahun 2022 JNE telah merilis Roket Indonesia, yaitu layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Layanan ini sudah tersedia di 54 kota atau cabang JNE.

Pelayanan Prima JNE

Dalam dunia bisnis, pelanggan (costomer) merupakan ruh bagi suatu perusahaan dalam menawarkan suatu produknya. Demi mencapai kepuasan pelanggan dibutuhkan pelayanan prima era globalisasi yang mana kemajuan tehnologi informasi begitu cepat berpengaruh pada perilaku pelanggan (costumer). Seperti yang dilakukan JNE sebagai pemain bidang ekspedisi logistik menggunakan tehnologi informasi pada pelayanan yang cepat, akurat, dan tepat sasaran.

Pelayana prima diartikan layanan dan dukungan kepada customer dapat bermakna sebagai suatu bentuk layanan yang memberikan kepuasan bagi pelanggannya, selalu dekat dengan pelanggannya, sehingga kesan menyenangkan senantiasa diingat oleh para pelanggannya. Selain itu, membangun kesan kesan dapat memberikan citra positif di mata pelanggan karena jasa pelayanan yang diberikan dengan biaya yang terkendali/terjangkau bagi pelanggan yang membuat pelanggan terdorong/termotivasi untuk bekerja sama atau peran aktif dalam pelaksanaan pelayanan yang prima. Tujuan dari pelayanan prima adalah memuaskan dan atau sesuai dengan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, mutu pelayanan adalah kesesuaian antara harapan dan atau keinginan dengan kenyataan.

JNE telah berkiprah dibidang usaha ekspedisi berjalan cukup panjang mencapai 33 tahun ini tidak lain karena pelayanan prima menjadi motor dan interakasi dengan pelanggan sangat baik. Untuk itu, dalam memenuhi pelanggan JNE telah melayani beragam produk dan masing-masing memiliki keunggulan sesuai dengan perkembangan jaman, sejak JNE berdiri hingga bertransformasi era digitalisasi berikut ini.

26 Nov 1990  :    JNE Berdiri,  Penanganan Ekspedisi Barang/Dokumen

Tahun 1995   :   JNE mengenalkan sistem drop poin

Tahun 2000   :   JNE merilis Logo Baru “JNE EXPRESS”

Tahun 2022   :   JNE Merilis Roket Indonesia berbasis aplikasi/internet.


Terobosan Produk JNE di Era Digitalisasi


Sesuai dengan Visi JNE boleh dikatakan sangat tepat yakni perusahaan yang siap mampu bersaing di era globalisasi. Jadi salah satu produk seperti MyJNE merupakan jawaban tantangan globalisasi yang mana persaingan bisnis semakin ketat. Dalam dunia bisnis saat ini juga sudah mulai tersentuh era digitalisasi. Dimana jika kita lihat saat ini dalam bisnis tersedia berbagai macam digitalisasi. Aplikasi-aplikasi ini berguna sekali untuk memudahkan para pelaku berbagai bisnis untuk menjangkau pelanggan atau taget pasar yang lebih luas.

Produk MyJNE menerapkan aplikasi berbasis android dan iOS yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Dengan demikian para pelanggan termanjakan oleh pelayanan pengiriman barang yang mudah, cepat, dan akurat, serta turut membantu pengembangan bisnis bagi para pelanggannya. Adapun produk lain yang tidak kalah keren seperti: JNE Express yakni menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen dalam negeri melalui lebih dari 8.000 titik layanan eksklusif di seluruh Indonesia, dari penjemputan hingga pengantaran tujuan. JNE Logistics menawarkan solusi transportasi dan gudang terintegrasi dengan kemampuan layanan yang menyeluruh. JNE Freight melayani kiriman door to door untuk memenuhi kebutuhan kiriman ekspor internasional Anda, mencakup lebih 220 negara. PESONA yaitu toko online makanan khas dan oleh-oleh dari UKM seluruh Indonesia. JNE Loyalty Card yaitu program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE dengan memberikan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik.

Bagi pelaku bisnis tidak mengikuti perkembangan era digitalisasi saat ini biasanya akan mengalami kondisi kalah dengan kompetitor lain yang sudah menyesuaikan bisnisnya di era digital. Contoh di tahun 2024 sebuah perusahaan produksi Sepatu yang sudah lama terkenal dan melegenda di Indonesia sebagian ditutup gerainya dan merumahkan sebagian karyawannya karena produksinya terus menurun cukup siginikan karena mengabaikan azas efisiensi dan efektif sebuah perasahaan, seperti pemasaran produk kurang memperhatikan era digitalisasi yang menglobal di dunia bisnis.

Oleh karena itu, JNE jauh hari telah menerapkan atau memanfaatkan era digitalisasi sebagai upaya mendukung industri kreatif dan industri riil seperti retail dan makanan dilakukan dengan efisien dan praktis. Generasi digital adalah era dimana tehonologi akan mendapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Adanya pengaruh industri digital pada akhirnya memberikan dampak pada semua bidang industri. Derasnya penggunaan tehnologi digital disemua lini, juga tidak bisa dipungkiri akan membantu berbagai jenis usaha atau aktivitas baru yang dapat meningkatkan perekonomian yang menglobal di dunia.

Saat ini anak muda (generasi milenial) telah berani memulai bisnis digital. Generasi milenial atau generasi Y adalah generasi yang lahir sekitar tahun 1980 hingga tahun 1995 pada saat tehnologi maju. Mereka tumbuh di dunia yang telah mahir menggunakan media sosial dan juga smartphone sehingga otomatis mereka sangat mahir dalam tehnologi. Ke depan dalam hubungan Internasional yang terus berubah, semakin modern penggunaan tehnologi informasi dan suasana serba daring (dalam jaringan) media sosial dunia yang tidak terbatas. Boleh dikatakan genarasi milenial ini sering dinilai generasi yang malas karena sering bermain ponsel. Ciri-cirinya: cenderung invidual, keingintahuan tinggi, percaya diri, generasi yang paling banyak membaca buku, sangat ktitis dan tidak takut berdebat akibat hubungan komunikasi langsung yang tersedia, mudah memperoleh pengetahuan. Namun, generasi milenial ini sangat rentan terserang depresi dan gangguan kecemasan.

Era milenial selanjutnya ditandai oleh adanya tehnologi kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI). Di masa sekarang, yakni ketika banyak di antara/potensi kemampuan manusia berada dalam tantangan tehnologi Artificial Intellegence (AI), maka kajian tentang kemampuan dan daya-daya manusia  menjadi makin penting. Seperti diungkapkan Jack Ma, sebagian besar lapangan pekerjaan manusia akan direbut AI. Bukan saja AI akan bisa menguasahi keahlian manusia di berbagai bidang itu, bahkan dalam banyak hal AI akan menunjukkan kinerja lebih baik daripada manusia, karena kebebasannya dari kelemahan-kelemahan manusiawi, termasuk dalam hal ganguan emosi, bias-bias kognitif, kelambagaan berfikir, dan sebagainya. Selain itu ada pula yang berpendapat, bahwa generasi milenial sangat “melekat” dengan komputer dan internet. Sebagian  besar waktunya dilewatkan dengan memainkan jemarinya di atas “layar sentuh”. (Haidar Bagir, Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, 2019).

Era digitalisasi yang semakin berkembang yang memacu JNE terus bergerak cepat, kecepatan tinggi bertransformasi ke arah yang benar yakni menyambut era digitalisasi dengan optimisme dan komitmen yang kuat. JNE semakin yakin bahwa dengan kemajuan tehnologi ini akan memperkuat kinerjanya, kesamaan Visi dan Misi Perusahaan menjadi patronnya yang terus dipelihara, dikembangkan dengan penuh tanggung jawab dan profesional. Jadi sangatlah wajar pada tahun 2024, JNE telah memperoleh 12 penghargaan baik skala Nasional maupun Internasional. Dengan pelayanan prima JNE telah terbukti dan dipercaya penuh bagi pelanggannya. Adapun para pelanggan yang menyatakan puas dan berkomitmen kerja sama  usaha/bisnis diantaranya adalah:

·  Wiwik Sri Wilujeng - Marketing Director Realfood. ”Kami memilih JNE karena merupakan perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia dengan jaringan luas yang menjangkau seluruh pelosok tanah air. Hal ini sejalan dengan misi kami  untuk menjadikan produk Realfood dapat diakses oleh seluruh masyarakat.”

·   Mutia Imro Atussoleha - Head of Logistics Bukalapak. Berkata: “JNE juga memiliki cakupan luas yang telah membantu Pelapak kami menjual barangnya ke seluruh penjuru Indonesia. Terima kasih JNE sudah mendampingi Pelapak kami berkembang bersama dengan performa logistik yang baik.”

·   dr. Oky Pratama Dipl.AAMM - Founder Bening’s Indonesia Group. Berkata: “Terima kasih JNE cakupan yang selalu memberikan fasilitas terbaik sehingga pendistribusian paket Bening’s sampai keseluruh Indonesia dengan kualitas yang sangat baik sekali. Bening’s Group akan selalu mendukung kemajuan dari JNE.”

Dengan demikian, diharapkan kiprah “JNE” ke depan semakin jaya, berintegritas sebagai distributor logistik terbesar, terbaik, TERKONEKSI di seluruh pelosok Indonesia, akan membangun perekonomian masyarakat semakin baik, bermatabat dan beradilan. Tentu saja dengan tujuan terwujudnya kesejahteraan dan kebahagiaan pelanggannya.  

#JNE#ConnectingHappiness.

#JNE33Tahun.

#JNEContentCompetition2024

#GasssTerusSemangatKreativitasnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reuni dan Wisata Sambil Chek Kesehatan Dalam Bus

Mencari Sahabat Yang Belum Pernah Ketemu di Desa Balongdowo Penghasil Kupang

Menjalin Persahabatan dan Berwisata ke Sumber Tetek